audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home

Televisi "High End" seharga 110Juta!

E-mail Print PDF

toshiba-regza-zl800

Toshiba meluncurkan televisi 3D terbarunya, Regza ZL800. Harga yang dibanderol tidak main-main karena satu unit dijual hampir Rp 110 juta. Mengapa dia disebut high end dan mahal? Disebut high end karena kualitas gambarnya yang berkelas tinggi, disertai kemampuan menampilkan gambar 3D yang lebih ‘advance’. Sedangkan flagship, lebih karena  TV ini memiliki segenap kehandalan teknologi Toshiba ada di TV ini. Ini adalah TV 3D 55 inci (140 cm) yang dilengkapi kacamata 3D  yang berguna saat mode operasi di 3D.

TV  yang awalnya diperkenalkan untuk pasar Jepang ini dipersenjatai dengan teknologi mesin CEVO. Inilah model TV pertama Toshiba yang digerakkan oleh mesin CEVO-Engine. Selain itu, TV ini memiliki panel mega LED yang dapat mengubah gambar 2D menjadi 3D. Dan tingkat Dynamic Contrast-nya tidak tanggung-tanggung, 9.000.000 : 1 !. Kemampuan lain, TV ini sudah dilengkapi teknologi active shutter 3D dan panel pertama dunia yang mampu menyampaikan 512 cluster local dimming Pro-LED 512. Ini adalah fitur yang memungkinkan keselarasan optimal level backlight dari konten gambar yang menghasilkan reproduksi warna hitam yang sempurna.

Dari sederet senjata diatas, mari kita bicarakan salah satunya, yakni mesin CEVO Engine tadi. Ini adalah multiprosesor yang mampu mengkalkulasi tingkat power yang diperlukan untuk menawarkan sejumlah aplikasi high end yang inovatif pada TV. Menurut Toshiba, versi pertama dari CEVO-Engine ini terdiri dari sebuah unit pemroses 7 core, sebuah DRAM integrated berkecepatan tinggi dan sebuah co-prosesor untuk algoritma gambar khusus. Didalam mesin ada sejumlah teknologi, yang bila dijabarkan, adalah sebagai berikut.

  • Auto Calibration yang menyampaikan kualitas gambar studio. Fungsi Auto Calibration ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan studio monitor yang berkualitas tinggi di dalam rumah. Ini karena mesin tersebut secara otomatis mengoptimalkan setting display untuk menampilkan film film dengan warna warna yang akurat serta tingkat grey scale seperti yang banyak dipersyaratkan oleh banyak sutradara-sutradara film professional dunia. Disini digunakan pendekatan berbasis Colour Analyser yang digunakan oleh para professional tersebut, dan membutuhkan sebuah komputer eksternal. Disinilah CEVO Engine dapat mengalkulasi dan menampilkan kualitas yang sesuai dipersyaratkan  untuk film.
  • Fitur 3D seperti fungsi konversi konten 2D ke konten 3D. Untuk mendapatkan gambar 3D berkualitas tinggi dari sebuah sumber yang 2D, Toshiba memakai teknik rendering 3D. Disini pengguna bisa memilih seberapa tinggi tingkatan efek 3D-nya dengan menggunakan fitur Depth Control. Kualitas gambar pun bisa ditinggikan dengan fitur Intelligent 3D+. Sedangkan untuk menekan tingkat interferensi atau gambar gambar berbayang (ghost), dilakukan dengan response time dari panel yang memanfaatkan teknologi overdrive panel, yang sekaligus dapat digunakan untuk melihat seberapa brilian tingkat warna dan seberapa tinggi tingkat kecerahan (brightness) dalam mode 3D.
  • Pengenalan wajah (Face Recognition) yang secara otomatis akan mempersonalisasikan setting TV. fungsi Face Recognition melalui sebuah kamera integrated, yang akan mengidentifikasi hingga empat penonton yang duduk di depan layar. Disini dengan Personal TV Tool, lalu memilih setting personal yang mereka pilih. Personal TV ini juga akan mengenali, apakah semau orang duduk di depan TV, dan akan otomatis mengubah TV ke mode stand by jika tidak ada orang duduk menonton pada sekian waktut ertentu. Ini tentu akan menghemat energy.
  • Di model TV ini, Toshiba juga memperkenalkan   koneksi yang lebih ekspansif, termasuk untuk mengakses jasa berbasis Web dan koneksi ke beberapa perangkat  peripheral.
  • Fungsi lain yang dibawa mesin ini adalah teknologi Smart-TV, yang merupakan sajian dunia virtual di atas layar TV.


Dengan fitur yang ada di CEVO Engine ini, Toshiba rupanya ingin agar ‘tali silaturahmi’ antara pengguna dan sebuah TV itu kian sangat dekat. TV ini bahkan dibuat mampu menyimpan setingan personal pengguna, termasuk channel channel pribadi. Juga mendukung personal grup untuk konten konten rekaman. TV bisa dibuat ingat selalu akan level volume dari setiap pengguna setelah TV itu dimatikan. Meski besar, televisi ini hanya memakan daya 249 watt. Cukup rendah untuk mencerminkan komitmen Eco Lifestyle yang dibawa Toshiba. televisi ini sudah beredar di pasar Indonesia. Bagaimana, berminat untuk memburunya?


Last Updated ( Wednesday, 26 October 2011 05:10 )  

Kamus

kamusKamus Audio Video Informasi tentang kamus, istilah seputar dunia audio video . Lanjut..