audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home

300B Pararel Single Ended

E-mail Print PDF

300BDalam amplifier dikenal dua macam topology yaitu Push Pull dan Single Ended. Dua type tersebut menggambarkan tujuan membuat amplifier untuk mendapatkan power output sebesar-besarnya. Secara teknis, pada umumnya type amplifier push pull mempunyai daya yang lebih besar dari pada type single ended. Apalagi jika amplifier single ended menggunakan tabung 300B.

Daya output yang dihasilkan akan sangat terbatas hanya 8 watt saja. Berhubung tabung 300B adalah salah satu tabung favorit dalam pembuatan amplifier (hi-end), ditambah daya output yang pas-pas-an, maka diperlukan speaker yang sangat efisien (minimal 90 db) untuk dapat mendengarkan karakter tabung 300B.

Konsep 300B pararel single ended adalah dalam rangka mengisi kekurangan pada type single ended. Pada  system pararel single ended, dua tabung pada penguat akhir bekerja simultan untuk menghasilkan power output yang lebih besar di bandingkan dengan single ended.

Dalam pararel single ended ada dilema yang sulit untuk diatasi. Salah satunya adalah diperlukan 2 tabung yang matching. Bila tidak matching yang terjadi adalah tarik menarik antara dua tabung tersebut. Setelah beberapa lama mempelajari topology pararel single ended, maka ada suatu cara sederhana untuk mengatasi tarik menarik antara dua tabung dirangkaian akhir.

Caranya dengan memasang R cathode pada masing-tabung secara independent. Pada umumnya rangkaian pararel single ended, R cathode kedua tabung di gabung. Cara inilah yang membuat kedua tabung jika tidak matching, akan saling tarik menarik.

Dengan R cathode pada masing tabung yang tidak saling mempengaruhi, dengan mudah amplifier ini akan berubah menjadi single ended dengan cara mencabut satu tabung pada penguat ahkir.

Pada rangkaian driver pararel single ended, menggunakan system SRPP ( Shunt Regulator Push Pull). Kalo kita perhatikan maka swing pada grid 300B lewat Capasitor didapat dari kaki 6 (atas) dan 1 (bawah) high dan low yang dipisah oleh resistor 1K.

Rangkaian ini telah terbukti memuaskan dan power output nya meningkat hamper dua kali lipat di bandingkan dengan single ended.

Selamat mencoba. Nikmati amplifier power output yang cukup besar dengan karakter 300B pararel single ended.

pspse

Penulis : Arif Hidayat


 

Kamus

kamusKamus Audio Video Informasi tentang kamus, istilah seputar dunia audio video . Lanjut..