audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home

Cable Burning Toll

E-mail Print PDF

Sebagai penggemar sound system, paling tidak pernah membeli kabel speaker atau kabel interconnect untuk melengkapi peralatan sound system yang kita punyai. Jika kita membeli kabel interconnect, kelas menengah, biasanya ada petunjuk arah kabel berupa panah yang mengarah pada satu titik. Panah ini harus pararel dengan kabel pasangannya.

Jika diurut dari source (cd) ke preamp, maka arah panah harus menuju ke preamp dan tidak sebaliknya. Kenapa? Kabel interconnect ini telah di searahkan oleh pabrik pembuat kabel. Maksud di searahkan adalah bahwa kabel ini hanya searah. Jika terbalik cara memasangnya, maka yang terjadi adalah tak akan ketemu yang namanya focus pada saat mendengarkan musik. Focal pecah/buyar, tak jelas posisinya. Layer/ lapisan posisi bunyi alat musik tak jelas tempatnya.

Selain petunjuk arah panah pada kabel interconnect, sering kita dengar dari penjual yang mengatakan bahwa perlu waktu “Burning” minimal 80 jam sebelum mendapatkan performa terbaik dari kabel yang kita beli. Pertanyaannya adalah ; mengapa harus minimal 80 jam?

Tegangan yang melewati kabel interconnect rata-rata sebesar  2 volt. Sangat kecil untuk melewati kabel interconnect. Kecilnya tegangan yang lewat itulah yang menyebabkan perlu waktu untuk menyelaraskan jalan, jika kabel kita ibaratkan sebagai medium untuk aliran tegangan. Adakah cara yang lebih cepat dan sederhana untuk mempercepat proses 80 jam ini?

EFEK HALILINTAR

Halilintar pada saat menjelang hujan adalah phenomena alam yang paling sering kita lihat. Ada gumpalan awan yang bermuatan listrik negative dan ada juga awan yang bermuatan positive. Hallintar terjadi karena lonjakan awan yang bermuatan positive kea wan bermuatan negative. Kadang-kadang halilintar menyambar juga ke pohon dan manusia (negative). Dari phenomena alam ini jelas arah partikel muatan positive selalu mengarah ke partikel negative (polarisasi). Mungkinkah phenomena alam tersebut kita praktekkan dalam menyelaraskan arus pada kabel, interconnect atau kabel speaker misalnya.Untuk itu di perlukan alat pembangkit tegangan tinggi yang akan di alirkan melalui kabel interconnect, kemudian di “short” kan ke ground melalui bleeder resistor 100k.

cable








HASIL

Kalo kita terapkan pada kabel speaker, maka hasilnya didapat kualitas suara yang lebih open, lepas dan lebih enteng mengangkat speaker. Hasil lain, apabila kabel speaker ini di balik, maka hasilnya akan mengejutkan. Suara menjadi buyar, tidak focus. Demikian pula bila diterapkan pada kabel interconnect. Selamat mencoba.

Penulis : Arif Hidayat


 

Kamus

kamusKamus Audio Video Informasi tentang kamus, istilah seputar dunia audio video . Lanjut..