audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home

E-mail Print PDF

Maestro conguero Poncho Sanchez merupakan salah satu tokoh terdepan, jaminan mutu dalam urusan olah ritmis jazz Afro-Cuban.  Lebih dari tiga dasawarsa ia bermusik, entah menjadi leader pun sideman dalam berbagai proyek bersama musisi lain.

Poncho adalah anak bungsu dari sebelas bersaudara dan dilahirkan di Laredo, Texas yang dibesarkan kemudian di Norwalk, California.  Pada masa masa remaja, ia sudah terbiasa mendengarkan dan dipengaruhi pula oleh dua jenis genre yang berbeda; prefensi Afro-Cuban seperti mambo, son, cha-cha, rumba, guaracha, salsa maupun bebop yang diusung oleh Charlie Parker.

Instrumen conga yang dikuasainya sampai saat ini bukanlah pilihan yang pertama.  Poncho justru mengawali karirnya sebagai gitaris dan penyanyi dan berlanjut mempelajari secara otodidak untuk flute, drum dan timbales.  Setelah menginjak dewasa barulah dia menggeluti conga secara lebih serius.

Poncho mendapatkan kepercayaan dari Cal Tjader untuk bergabung dalam band milik vibrafonis yang merupakan idolanya tersebut.  “To me, Latin jazz the world’s greatest music”,ungkap Sanchez.  Ia mempunyai melodi dan harmoni dengan sofistikasi jazz namun memiliki rasa dan energi dari musik Amerika Latin.  Dan yang lebih penting bahwa ini dilahirkan di Amerika, tepatnya di New York City, ketika Chano Pozo bertemu Dizzy Gillespie untuk pertama kali di pertengahan tahun 1940-an.  Mereka menciptakan sesuatu yang tak ppernah ada sebelumnya. Iapun bangga membawa musik ini berkeliling dunia.

Berbicara soal kekagumannya pada dua tokoh diatas tersebut, Poncho Sanchez merilis album Chano Y Dizzy pada tahun 2011 yang lalu.  Dan sebagian besar album Poncho Sanchez dirilis oleh Concord Picante, seperti wasiat sang idola Cal Tjader pada founder Concord Records Carl Jefferson.

(Sumber : www.wartajazz.com)

Beberapa Album Poncho Sanchez



 

Kamus

kamusKamus Audio Video Informasi tentang kamus, istilah seputar dunia audio video . Lanjut..