audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home

Oppo BDP 105,Generasi Ketiga Terbaik di Kelasnya

E-mail Print PDF


Resolusi Tinggi untuk Musik dan Film

Dilihat dari masa pengembangannya dari Oppo, BDP 105 bersama dengan model sebelumnya, yakni BDP 103 adalah pemutar Blu-ray disc universal generasi ketiga. Model sebelumnya, yakni BDP -93 dan BDP-95  telah membuat Oppo sebagai transport dengan brand yang dikenal baik.

 Dilihat dari harganya, tipe 105 ini memang termasuk pemutar high budget. Tipe ini memiliki sistem video processing, koneksi dan kemampuan networking yang sama dengan model terdahulunya tadi, yakni tipe 103 (model 103 ini hebatnya pernah menyabet penghargaan sebagai Best of Home Theater Review 2012 award). Lalu apa keunggulan BDP 105 ini dibandingkan dengan 103?


Jawaban yang paling tepat adalah di desain dari 105. Dibandingkan dengan model model terdahulunya, kali ini Oppo lebih menghkhususkan unit ini untuk para audiophile. Itu artinya, sisi suara kian lebih mendapatkan porsi perhatian. Sisi yang dinaikkan perhatiannya, apalagi kalau bukan bagian playback analog.

Bagian audio dari BDP 105 terlihat sama atau menyerupai  bagian audio dari model BDP-95. Apakah itu? Yup, keduanya sama sama memakai chip DAC ESS Sabre 32 Reference, catu daya toroidal, dan output output balanced.  Tetapi, jika bagian analog dari BDP 95 berada dalam sebuah board tunggal, BDP 105 di bagian analognya terbagi menjadi dua bagian. Satu bagian khusus menangani stereo, sedangkan bagian lain khusus menangani audio multichannel. Inilah hebatnya. Jadi walau bisa digunakan untuk home theater, pemutar ini juga bisa anda gunakan sebagai unit pemutar CD di sistem berkelas dari high end audio anda.

Kenyataannya  secara keseluruhan, bagian  power supply dan analog telah didesain ulang dengan pasangan pasangan channel yang sesuai untuk keluaran RCA (unbalanced) dan XLR (balanced)  dan dua pasang channel untuk output headphone atau  headphone amplifier.  Keduanya ini didesain oleh Oppo untuk secara khusus dapat mengurangi terjadinya crosstalk sinyal. Dengan meminimalkan sebesar mungkin (kalau tidak mau dikatakan : menghilangkan) ini pada akhirnya tentu akan mencegah penurunan kualitas sinyal suara dari kedua model pemutar tersebut.

Hal menarik lain dari BDP 105 ini adalah, kita dapat menggunakannya sebagai sebuah DAC. Disini tentu kita berbicara tentang sebuah sumber yang dapat mengolah sinyal audio berresolusi tinggi. Pemutar ini dikatakan oleh Oppo, tidak mengalami kesulitandalam membaca file berresolusi 96 kHz/24 bit yang ada di format FLAC.

Dengan sumber sumber yang juga punya resolusi tinggi seperti SACD dan pemutar yang mampu memainkan file file resolusi tinggi dari internet (dengan mendownloadnya), pemutar BDP 105 ini dalam sebuah review dari sebuah majalah audio Inggris, dikatakan memiliki ‘live presentation’ yang lebih tinggi kualitasnya. Pendengarnya bisa lebih merasakan nuansa hidup (seolah dia tengah berada di depan panggung).

Untuk para penggemar dari Direct Stream Digital, BDP 105 ini (sama halnya seperti model BDP 103), bisa membaca kedua file, yakni stereo dan file file DSD multichannel (keduanya berformat DFF dan DSF).

Demikianlah, pengguna dapat memakai pemutar ini sebagai sebuah DAC dan sebuah pemutar atau controller. Bisa juga digunakan sebagai sebuah pre amp full function dan stand alone pre amp.


Dengan sebuah kabel HDMI, pemutar ini pun dapat anda hubungkan ke front projector, bila memang anda ingin memakai proyektor dan layar ketimbang TV. Atau langsung ke TV High Definition bila memang anda tidak ingin memakai AV receiver atau amplifier surround atau AV prosesor. Untuk memainkan khusus musik, anda dapat menghubungkannya ke sebuah pre amp yang lalu anda sambungkan ke satu dua amplifier yang mendrive speaker. Pemutar ini pun bisa langsung anda hubungkan ke sebuah amplifeir dan dapa tmendrive line stage output dan mengontrol amplifier seagai pre amp murni.

Hasil

Dialog dan soundtrack proporsional dan dapat dikotrol dengan baik di keseluruhan film. Imagingnya akurat dan detil, , mendengarkan soundtrack sendiri terasa mengasyikan. Logaritma downmmial stereo BDP 105 ini memperlhatkan ambiens dan merepro separasi yang jernih dari semua elemen. Kita dapat mendengarkna dialog dan efek acion yang baik.

Enmenbele jazz, instrumen akustik dan vokal semuanya terdengar nantural dan smooth. Transparasinya real. Chamber music ensemble bersuara fantastik. Akuratisasnya terbilang sangat ekstrim dan detil.

Jika anda ingin konfigurasi audio yang berbeda untuk dua channel musik dibandingkan dengan playback film multichannel, atau berpindah dari kabel box sebagai sumber ke sebuah komputer atau USB hard drive, pemutar ini membutuhkan anda lari ke menu onscreen dan secara manual memilih ulang setiap setting.

 

Last Updated ( Friday, 21 February 2014 08:18 )  

Kamus

kamusKamus Audio Video Informasi tentang kamus, istilah seputar dunia audio video . Lanjut..