audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home Reviews DacMagic Upsampling DAC - Cambridge Audio

DacMagic Upsampling DAC - Cambridge Audio

E-mail Print PDF

dacPenggunaan DAC bagi sekelompok penikmat musik untuk perangkat  hi-fi maupun high-End  mempunyai kegunaan meningkatkan kualitas perangkat digital source yang umumnya berupa CD Player.  Selain itu kelompok headphone audiophiler  umumnya menggunakan digital source dari perangkat PC atau iPod dan sejenisnya, untuk mereka yang tidak puas dengan “kualitas seadanya” dari sumber digital yang mereka gunakan, umumnya ditambahkan DAC tersebut.

Bahkan manfaat DAC sendiri banyak pula digunakan Car Audio aliran SQ (Sound Quality) yang gemar mengutak-atik perangkat audio di mobilnya. Salah satu DAC yang sangat populer pada kalangan headphone audiophiler adalah DacMagic keluaran dari Cambridge Audio, sedangkan untuk pengguna audio dari kalangan audio hi-fi dan high-end rumahan DacMagic cukup dikenal akan kualitas dan fitur-fitur  yang menjanjikan dengan harga yang relatif terjangkau.


Fisik

DacMagic ini mempunyai bobot sekitar 1.2 kg dengan lebar 21.5 cm, kedalaman 19.1 cm dan tinggi 5.2cm. Dapat diletakkan dengan posisi Horisontal maupun Vertical.  Bila diletakkan dalam posisi Vertical DacMagic dapat diletakkan pada base khusus yang menjadi kelengkapan dalam pembelian.  Mempergunakan power supply yang terpisah sehingga memungkinkan DAC yang satu ini mempunyai ukuran yang ringkas. Dengan  fitur-fitur yang ditawarkan, kami harus memberikan nilai tinggi untuk DacMagic, terutama mengingat harganya yang di bawah Rp. 5 juta.  Perangkat ini mempunyai fasilitas input dan output yang lengkap.  Dapat dilihat pada panel bagian belakang keluaran analog unbalanced maupun balanced, dan keluaran digital dengan koneksi coaxial maupun optical. Hanya koneksi AES/EBU yang tak ada. Namun DacMagic menawarkan 3 pilihan input digital. Input digital 1 dan input digital 2 masing-masing terbagi dalam koneksi coaxial maupun optical. Dan bagi pengguna PC atau iPod tersedia input dengan koneksi USB. Pengguna juga masih disodori pilihan setting digital filter/fasa yang bisa diatur dari panel depan.  DacMagic mempergunakan 32 bit DSP chip dengan kemampuan upsampling 24/192, dengan proses Adaptive Time Filtering yang merupakan lisensi Anagram Technologies dari Swiss. Hasil upsampling selanjutnya diumpan ke sepasang Wolfson WM8740, DAC chip yg sudah sangat terkenal itu, yang beroperasi secara dual differential yang menghasilkan noise reduction secara maksimal.

dac

 Test Perangkat

Untuk menjajal kualitas suara DacMagic, kami mempergunakan sebuah CD player keluaran MARANTZ CD-6003.  Berbagai jenis musik dalam format cd kami coba sebagai referensi dari jenis audiophile, classic, jazz, instrumentalia maupun pop. Kualitas suara MARANTZ CD-6003 masih jauh di atas CD player rata-rata di pasaran. Tetapi bila disandingkan MARANTZ CD-6003 dengan  DacMagic dapat memberikan kesan suara yang refined, sangat netral, transparan, dan cukup warm. Sama sekali tak ada kesan ear-fatigue dengan DacMagic ini. Reproduksi vokal pun tersalur smooth dan empuk dengan ketebalan yang cukup.Kami pun mencoba 3 jenis setelan filter/fasa pada DacMagic. Secara umum kami lebih menyukai setelan linear phase yang juga merupakan default setting pada DacMagic. Dengan linear phase, separasi antar instrumen musik tersimak lebih jelas. Musik juga terasa lebih transparan dan airy, dengan respon nada rendah dan nada tinggi yang lebih bagus. Setelan minimum phase nyaris menghasilkan karakter suara yang tidak berbeda dengan linear phase, kecuali reproduksi vokal yang kali ini terasa lebih maju (forward), dan soundstage yang sedikit menyempit. Beralih ke setelan steep, justru meredam respon nada nada tinggi. Ini akan berguna jika kita menggunakan rekaman berkualitas rendah yang cenderung bright dan agresif, namun sayangnya juga sekaligus mengurangi kualitas bass dan secara umum transparansi suara menurun. Soundstage juga terasa makin sempit dengan setelan steep, dan antar instrumen musik menjadi bercampur, seolah terjadi kompresi.

dac

Tak Lupa kami mencoba koneksi dengan mempergunakan USB, dan kami pasangkan Apple Ipod dengan DacMagic dan memasang lagu-lagu dengan format AAC maupun WAV. Secara keseluruhan DacMagic dapat menghasilkan suara yang lebih memuaskan, lebih refined  bahkan lebih halus kualitasnya dibandingkan tanpa mempergunakan DacMagic

Kesimpulan

Secara overall, kami menilai DacMagic memberikan value (kualitas dibandingkan harga) yang sangat baik. Kami sangat menyarankan Anda menggunakan DacMagic jika Anda menggunakan sumber digital dari PC atau iPod. Anda akan benar-benar merasakan magic dari DAC ini. Tetapi DacMagic jelas bukan untuk Anda pengguna high-end CD player kelas menengah-atas.

 Spesifikasi:

  • Two-channel, oversampling D/A processor with Wolfson WM8740 24-bit DACs
  • Texas Instruments TMS 320VC5501 digital filter.
  • Digital inputs: S/PDIF coaxial or TosLink optical, USB.
  • Digital input sampling frequencies supported 44.1kHz, 48kHz (32kHz, 88.2kHz, 96kHz, S/PDIF only).
  • Digital outputs: S/PDIF coaxial and TosLink optical.
  • Analog outputs: balanced (XLR), single-ended (RCA).
  • Frequency response: 20Hz to 20kHz ±0.1dB.
  • THD (1kHz, 0dBFS, 24-bit data): <0.001%.
  • S/N Ratio: 112dB.
  • Total correlated jitter: <130ps.
  • Channel separation: >100dB at 1kHz, >90dB at 20kHz.
  • Output impedance: <50ohms.
  • Maximum output level: 2.1V RMS (unbalanced), 4.2V RMS (balanced).

 Nilai:

 Tampilan fisik: 80

Kualitas suara: 77

Performa/harga: 85