audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home Reviews Focal Dome 5.1

Focal Dome 5.1

E-mail Print PDF

domeSaat sekarang ini kebutuhan perangkat audio lebih banyak disesuaikan dengan keadaan ruang dengar yang berbentuk minimalis.  Pabrikan speaker Focal menjawab akan kebutuhan ini dengan meluncurkan produk speaker Focal Dome 5.1.  Focal Dome 5.1 ini merupakan paket Dome yang sempurna menyajikan bentuk speaker yang menarik dan dinamis dengan permukaan mengkilap dengan pilihan warna hitam, putih atau merah yang dipadukan dengan alumunium yang mengelilingi pada bagian tertentu speaker.

Penampilan ini memberikan kesan elegant, mewah dan premium.  Focal Dome terdiri dari  lima buah speaker satelit dengan bobot masing-masing tidak melebihi dari 2 kg sehingga memberikan kesan dan kualitas yang kokoh.  Konstruksi dari masing-masing speaker satelit mempunyai bentuk yang unik sehingga dapat diputar sampai dengan sudut 90 derajat, sehingga speaker satelit ini dapat dengan mudah ditempatkan pada dinding atau sudut ruangan. Jika grill speaker dilepaskan maka akan terlihat Dome yang mempunyai desain bolak-balik.  Driver speaker ini mempurgunakan bahan Cone Poly-Glass berdiameter 10 cm  untuk midbass dan dome tweeter berukuran diameter 25 mm yang dibalik.  Mengapa Focal memilih cara peletakkan tweeter seperti ini ?  Karena dengan penempatan seperti ini akan memperbaiki penyebaran suara dan membantu menciptakan saondstage yang lebih tepat dan akurat. Sedangkan untuk Subwofer mempunyai bentuk seperti peluru dengan menempatkan drivernya menghadap kebawah.  Penempatan driver seperti ini, tidak akan berpengaruh jika subwover dipasangkan pada dinding atau pada ruangan terbuka. Memasang sistem ini cukup mudah seperti kebanyakan sistem speaker 5.1 lainnya, cukup menancapkan kabel pada bagian bawah speaker untuk menghubungkan speaker satu dengan speaker lainnya dan dikuatkan dengan mempergunakan baut Allen.  Default  dari sistem ini mempergunakan sistem 2.1 sehingga anda harus mengubah pengaturannya crossover subwoofer menjadi Dome.

Jika anda menyukai Blu-ray musik, Focal Dome 5.1 sangatlah tepat untuk menyampaikan kualitas dari musik tersebut ke teling anda.  Subwoofer cukup mempunyai bobot yang mengagumkan jauh dari kesan tebal atau gemuk.  Reproduksi dari speaker satelitnya dapat menciptakan soundstage yang padat dan teratur sehingga dapat menunjukkan seluruh efek sorround.

Menurut pendapat kami sistem dari Focal Dome 5.1 mempunyai keunggulan akan kualitas musikalitas dan mempunyai kemampuan bass yang kuat dan mantap, akan tetapi salah satu kelemahan yang dimiliki oleh sistem ini adalah harga jual yang dipatok cukup mahal.  Kisaran harga untuk sistem ini sekitar Rp. 21 jutaan

Rating


dome