audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home Tips New Old Stock

New Old Stock

E-mail Print PDF

Sebagai bagian dari era analog, beberapa jenis tabung hampa (vacuum tube) saat ini boleh dibilang sudah menjadi collectible items. Bahkan makin usang makin diburu para kolektor, dan sebagai konsekwensinya makin mahal. Padahal dulu vacuum tube diperkirakan akan segera punah setelah ditemukannya teknologi transistor dan integrated circuit (IC) yang mengawali era digital.

Kalau anda bukan termasuk golongan yang disebut audiophile, mungkin tidak menyangka bahwa benda yang bentuknya mirip lampu pijar ini memiliki nilai yang tinggi. Bagi mereka yang awam, tentu saja tabung-tabung audio buatan tahun 1920 misalnya, tak memiliki nilai apa-apa. Tetapi bagi para audiophile atau kolektor tabung audio, tabung-tabung kuno tersebut sangat bernilai. Perangkat amplifier yang menggunakan tabung-tabung kuno berkualitas baik, akan menjadi koleksi berharga bagi para audiophile yang fanatik terhadap komponen tabung, karena tidak semua orang bisa memiliki perangkat seperti itu.

Tabung-tabung kuno diburu para audiophile bukan semata-mata karena sudah langka, tetapi juga karena kualitas suaranya yang sangat bagus, pada umumnya melebihi kualitas suara tabung audio yang diproduksi pada tahun-tahun belakangan ini. Padahal, tabung-tabung masa kini secara teknis memiliki konstruksi yang lebih baik ketimbang tabung yang diproduksi pada masa perang dunia kedua. Inilah sebuah paradoks teknologi audio. Matinya pabrik-pabrik tabung terkenal tempo doeloe rupanya ikut mengubur teknik dan kemampuan para engineer-nya.

Maka jangan heran jika mendengar harga tabung kuno nan eksotik yang harganya melangit saat ini, karena sisa-sisa stoknya akan terus menipis dan diburu para kolektor. Berikut ini beberapa jenis tabung audio kuno yang menjadi incaran kolektor itu.

Western Electric 300B

Western Electric 300B









Ingat tabung 300B ingat Western Electric (WE). Maklum, anak perusahaan AT&T inilah yang pertama kali mengembangkan dan mempopulerkan tabung 300B. Hingga saat ini, WE 300B masih diyakini sebagai tabung 300B terbaik di dunia. Cukup banyak merk 300B lain, dan bahkan saat ini cukup banyak varian asal Cina dan beberapa negara Eropa timur. Pabrik WE di USA sudah pernah tutup, namun saat ini dihidupkan kembali untuk memproduksi tabung 300B yang legendaris itu. Namun, sebagian besar penggemarnya berpendapat bahwa kualitas suara WE 300B produksi baru tidaklah sebagus “the original” WE yang diproduksi di masa lalu. Harga tabung WE 300B produksi tahun 1969 misalnya, bisa mencapai sekitar US $2000 sepasang (NOS) ! Padahal dengan uang sejumlah itu kita bisa memperoleh satu set amplifier yang menggunakan 300B buatan Cina atau Eropa. Kualitas reproduksi nada mid tabung yang satu ini memang sangat bagus dan sulit ditandingi. Tabung ini mampu menghasilkan daya keluaran 8 watt per channel pada mode single-ended, atau 20 watt per channel pada mode push-pull.

Western Electric 205D 

Western Electric 205D

Selain WE 300B yang legendaris itu, tabung 205D ini juga populer di kalangan penggemar amplifier tabung. Bentuknya bulat unik dan kualitas suaranya bagus untuk daya keluaran sekitar 1 - 2 watt saja per tabung. Merupakan direct-heated triode dan menggunakan soket jenis UV4. Varian yang diproduksi belakangan (205F) tidak lagi berbentuk bulat. Amplifier komersial yang menggunakan tabung ini antara lain Yamamoto dari Jepang. Harga tabung ini bisa mencapai sekitar US $1800 sepasang (NOS) ! Saat ini sudah tinggal sisa-sisa stok saja. Varian barunya dibuat oleh TJ asal China, tetapi menggunakan “soket normal” jenis UX4 seperti halnya 300B.

 Western Electric 101D dan 102D

Western Electric 101D










Tabung ini dikenal selain karena bentuknya yang unik, juga karena kualitas suaranya yang baik untuk aplikasi driver atau pre-amplifier. Menggunakan soket khusus jenis UV4. Varian yang diproduksi belakangan tidak lagi berbentuk bulat seperti bola tenis. 101D sering digunakan sebagai driver (pendorong tabung final), sedangkan 102D yang memiliki faktor penguatan (Mu) lebih tinggi lebih sering digunakan sebagai tabung penguat input atau preamp. Sebagai sebuah direct heated triode, tabung ini disukai karena relatif mudah dalam penggunaannya. Sisa stoknya tidak banyak lagi. Harganya saat ini mencapai sekitar US $400 sepasang, itupun belum tentu bisa menemukannya di pasaran. Varian barunya dibuat oleh TJ asal China, tetapi menggunakan “soket normal” jenis UX4 seperti halnya 300B.

Western Electric 274A/B

Western Electric 274A









Inilah tabung rectifier (penyearah) yang menjadi pasangan standar bagi WE 300B dalam sebuah amplifer. 274A merupakan varian yang menggunakan soket UX4 seperti halnya 300B, sedangkan 274B menggunakan soket jenis octal (8 kaki). Merupakan ekuivalen dari tabung 5U4, tabung ini dianggap sebagai salah satu dari “best sounding” tube rectifier saat ini. Tetapi banyak pula yang menganggap performanya tak sebanding dengan harganya yang meroket mencapai sekitar US $1000 sepasang dalam kondisi NOS (New Old Stock). Varian barunya dibuat oleh TJ asal China, tetapi dengan kapasitas arus yang lebih kecil.

Telefunken AD1

Telefunken AD1

Telefunken dikenal sebagai pabrikan Jerman yang memproduksi tabung-tabung audio berkualitas tinggi. Sayang pabrik Telefunken sudah lama tutup, ikut mengubur teknologi yang dikuasai para perancang tabung di Telefunken. Tabung AD1 ini adalah salah satu yang populer di kalangan audiophile. Bentuknya cukup indah dan kualitas suaranya digemari para audiophile yang pernah merasakan suara amplifier yang menggunakan tabung AD1. Menggunakan soket jenis B4/B5 standar Eropa, daya keluaran yang bisa dihasilkan tabung ini sekitar 3 – 3,5 watt saja, merupakan pesaing langsung dari tabung 2A3 yang merupakan varian yang dikembangkan oleh pabrik RCA asal USA. Dibutuhkan keberuntungan untuk mendapatkan sisa stok tabung ini dalam keadaan masih baru dan bagus. Harganya bisa mencapai sekitar US $1200 sepasang. Bahkan jenis AD1/350 yang memiliki rating tegangan lebih tinggi bisa mencapai harga US $2000 ! Pabrik lain yang juga membuat AD1 antara lain Philips Miniwatt, Tesla, Valvo, RSD.

Telefunken RS241

Telefunken RS241

Banyak yang menganggap tabung buatan Telefunken yang satu ini sebagai tabung dengan kualitas suara terbaik untuk aplikasi power amplifier. Menggunakan soket jenis B4/B5 standar Eropa. Daya keluarannya hanya sekitar 3 – 4 watt saja, tetapi mampu menghasilkan suara yang sangat transparan dan halus, dengan kualitas vokal yang sangat indah dan natural (tidak “terlalu tebal“ sebagaimana 300B). Harganya lebih rendah daripada AD1, kira-kira sekitar US $900 sepasang dalam kondisi baik. Walau lebih murah, banyak yang menganggap RS241 bersuara lebih bagus ketimbang saudaranya, AD1. Hanya Telefunken yang membuat tabung jenis ini, jadi anda sangat beruntung jika masih bisa mendapatkannya saat ini. Di tahun 40-an Telefunken juga mengembangkan varian RS242 yang kompatibel dengan RS241, dengan spesifikasi yang sama, tetapi dengan fisik yang lebih kecil. Rahasia Telefunken membuat tabung bersuara indah hanya dengan catu daya bertegangan dan berarus lebih rendah dibanding tabung jenis lain, tidak terungkap hingga saat ini.

Telefunken RE604

 Telefunken RE604

Selain RS241, Telefunken juga membuat direct heated triode RE604 yang juga dianggap kalangan audiophile sebagai the best sounding triode in the world. Menggunakan soket jenis B4/B5 standar Eropa, dengan daya keluaran sekitar 2 watt, tabung ini merupakan pesaing berat tabung 45 yang dikembangkan oleh pabrik RCA asal USA. Jangan harap bakal mudah mendapatkannya. Selain karena tak diproduksi lagi, tabung ini menjadi buruan para kolektor, dan membuat harganya membumbung tinggi hingga mencapai sekitar US $1000 sepasang dalam kondisi baik. Hanya audiophile sejati yang berkantong tebal, itupun jika memiliki cukup keberuntungan, yang bisa memiliki sebuah amplifier dengan RE604 sebagai tabung finalnya. Beberapa pabrik lain yang juga membuat RE604 adalah Philips dan Valvo.

Telefunken KC3

Telefunken KC3

Tabung yang satu ini juga dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia untuk aplikasi line-stage (preamp). Catu filamennya luar biasa irit tetapi sanggup menghasilkan suara yang sangat jernih dan kaya harmonik. Merupakan jenis direct heated triode (DHT), kualitas suaranya mungkin hanya bisa disaingi oleh tabung-tabung DHT seperti 26, 112A atau WE 101D. Tesla, Valvo, dan Philips Miniwatt juga membuat tabung jenis ini. KC3 buatan Telefunken sudah sangat langka dan harganya bisa mencapai US $300 sepasang dalam kondisi baik. Telefunken juga membuat KC1 yang juga berkualitas prima tetapi memiliki faktor penguatan lebih rendah.

Telefunken ECC803S

Telefunken ECC803S

Kalau bicara “tabung modern“ yang diproduksi di akhir masa keemasan vacuum tube, maka indirect heated triode (IDHT) yang dibuat oleh Telefunken ini merupakan jenis mini-triode termahal saat ini. Dengan harga mencapai US $500 sepasang untuk kondisi baik, tabung ini ekuivalen langsung dari 12AX7 atau ECC83, tetapi dengan 3 supporting mica untuk menjamin konstruksi yang lebih baik. Telefunken ECC803S dianggap sebagai the best 12AX7 hingga saat ini. Mungkin hanya bisa didekati oleh Mullard M8137 atau CV4004. Tesla juga membuat varian ECC803S dengan harga yang jauh lebih murah. Saat ini, JJ juga memproduksi jenis ECC803S. Namun semua tabung tersebut nampaknya belum mampu menandingi “the real Telefunken ECC803S” dari segi sound quality. Siemens Jerman pernah mengeluarkan varian E283CC yang kualitasnya setara, namun sayang dengan posisi pin (kaki) berbeda.

Telefunken RGN2504, RGN 2004, RGN 4004

Telefunken RGN2504

Mungkin memang sulit mencari tabung buatan Telefunken yang bermutu rendah. Full-wave rectifier tube RGN2504 yang dikeluarkan Telefunken inipun dikenal memiliki sound signature yang sangat baik, terutama varian yang menggunakan mesh plate yang dianggap the best sounding rectifier tube in the world. Sayangnya sulit sekali menemukannya saat ini. Harganya bisa mencapai sekitar US $1000 sepasang dalam kondisi baik. Dengan spesifikasi yang hampir sama, RGN4004 dan RGN2004 pun memiliki kualitas suara yang sangat bagus. Harga pasaran Telefunken RGN2004 lebih murah. Yang jenis mesh plate bisa mencapai US $600 sepasang. RGN4004 bisa mencapai US $800 sepasang. Tabung-tabung ini menggunakan soket jenis B4 / B5 yang merupakan standar Eropa. Valvo juga memproduksi varian ini. Sedangkan Philips mengembangkan jenis AZ50 yang juga ekuivalen dengan RGN2004, namun dengan harga yang jauh lebih murah, hanya sekitar US $80 sepasang.

GEC PX25, PX4      

 GEC PX4

Ini dia salah satu power tube legendaris yang dikembangkan dari Inggris. Merupakan jenis triode yang menghasilkan daya keluaran sekitar 4 watt saja, harga PX25 bisa mencapai US $1200 sepasang. Kualitas suaranya sangat baik, bersih, dengan vokal yang sangat halus dan sangat eksis. Beberapa merk lain juga memiliki kualitas dan harga yang hampir sama, yaitu Marconi dan Osram. Sedangkan PX4 merupakan varian dengan daya keluaran yang lebih rendah, sekitar 1-2 watt saja per tabung. Harga sebuah PX4 dalam kondisi baik bisa mencapai US $600 sepasang. Baik PX4 maupun PX25 produksi lama saat ini sangat sulit dijumpai di pasar. Varian baru yang diproduksi oleh TJ (China) bisa menjadi alternatif, namun harganya juga tidak murah, dan sudah menggunakan soket standar UX4.

GEC/Gold Lion KT88, KT77, KT66  

 GEC KT88    

Jika anda pengguna amplifier yang menggunakan tabung pentode jenis KT88, maka Gold Lion KT88 buatan Inggris ini boleh jadi merupakan impian anda. Harganya memang “cuma” US $400 sepasang, tetapi sudah sangat sulit mendapatkannya. Kualitas tabung pentode ini mungkin dapat disetarakan dengan pentode macam Tungsol 6550 yang memang menjadi pesaing beratnya. Lebih sering digunakan sebagai power amplifier dalam konfigurasi push-pull dengan daya keluaran sekitar 60 watt per kanal yang dikendalikan sepasang KT88. Sedangkan KT77 buatan GEC yang harganya mencapai US $300 sepasang merupakan ekuivalen pentode populer EL34. KT66 merupakan varian dengan daya keluaran yang lebih rendah, tetapi banyak audiophile menganggapnya memiliki kualitas suara lebih baik dibanding “2 kakaknya“ tersebut.

Tung-Sol 6550

Tungsol 6550

Pesaing sejati KT88 adalah jenis 6550. Tabung yang lebih banyak dipergunakan oleh amplifier komersial ketimbang KT88 ini dipopulerkan oleh Tung-Sol. Banyak merk lain untuk 6550 ini, tetapi Tung-Sol dianggap sebagian besar audiophile sebagai yang terbaik. Jika dibandingkan, KT88 cenderung lebih bertenaga tetapi karakter suara 6550 lebih halus. The real Tung-Sol 6550 sudah tidak diproduksi lagi, namun merk ini dihidupkan kembali saat ini dengan menggunakan pabrik di Rusia. Tung-Sol 6550 produksi baru mudah didapati di pasar saat ini. Namun yang diburu para kolektor adalah Tung-Sol 6550 produksi lama yang harganya bisa mencapai US $400 sepasang dalam kondisi baik. 

Bendix 6900

Bendix 6900

Tabung ini merupakan ekuivalen tabung 5687. 5687 merupakan indirect heated triode yang antara lain dipopulerkan oleh Audionote melalui salah satu produk legendarisnya, preamp M7. Tetapi Bendix menggunakan kode 6900 dengan spesifikasi teknis yang lebih baik. Harga tabung ini bisa mencapai sekitar US $500 sepasang dalam kondisi baik, namun sulit ditemukan di pasar saat ini. Kualitas suaranya mungkin hanya bisa didekati oleh jenis 5687 premium macam Tung-Sol.

RCA/Cunningham 2A3 Single Plate

RCA Cunningham 2A3

Ini dia tabung yang dinobatkan sebagai “the mother of triode”. Merupakan power triode yang sangat populer hingga saat ini, walaupun hanya sanggup menghasilkan daya keluaran maksimal sebesar 3,5 watt saja per tabung. Sering digunakan dalam konfigurasi single-ended maupun push-pull. Banyak kalangan audiophile menganggap 2A3 bersuara lebih baik, lebih netral dan memiliki spektrum frekwensi lebih lengkap ketimbang 300B. RCA/Cunningham 2A3 jenis single-plate mungkin sudah nyaris punah saat ini, tetapi tetap dianggap the best 2A3. Harganya bisa mencapai sekitar US $800 sepasang. Yang jenis double plate relatif masih banyak tersedia dengan harga jauh lebih murah. 2A3 produksi baru yang dibuat oleh TJ, Sovtek, KR dan lainnya semuanya berjenis single plate, tetapi nampaknya belum bisa menandingi kualitas suara 2A3 produksi lama, yang double plate sekalipun. Varian lain dari 2A3 adalah 6A3 dan 6A5, keduanya dengan spesifikasi yang sama dengan 2A3 namun menggunakan catu filamen 6,3V (2A3 menggunakan catu filamen 2,5V). Sedangkan 6B4G merupakan varian dengan soket noval dan catu filamen 6,3V. 

RCA/Cunningham UX210/CX310 

Cunningham CX310

Tabung RCA UX210 merupakan varian awal dari power tube 10Y/VT25 yang hanya mampu menghasilkan daya keluaran 1 watt output! Tetapi jangan buru-buru meremehkan kualitas suara tabung yang satu ini. Tabung ini among the best tube in the world. UX-210 yang diproduksi sekitar tahun 1920-an ini memiki gelas berbentuk “globe” dengan filamen yang menyala terang dan terlihat eksotik dalam ruang gelap. Sedangkan 10Y/VT25 yang diproduksi belakangan menggunakan gelas berbentuk “shoulder type“. Tabung ini juga jenis direct heated triode dan dikenal sangat bagus di segala posisi, sebagai line stage, driver, maupun power/final stage. Dengan setting arus rendah bisa menghasilkan karakter suara yang mellow but pleasurable, yang sangat cocok untuk jenis musik vokal. Tetapi sebagai driver dengan setting arus tinggi akan menghasilkan karakter suara yang detil dan powerful. Banyak merk lain selain RCA/Cunningham untuk tabung ini. Selain termasuk tabung langka, harganya pun relatif mahal, sekitar US $350 sepasang. “Saudara tuanya” adalah tabung 801A/VT62 yang mampu menghasilkan daya keluaran 4 watt pada tegangan 600 volt.

RCA/Cunningham UX245/CX345

RCA UX245 / Cunningham

Ini merupakan versi awal dari tabung 45 yang dikenal banyak audiophile di dunia sebagai salah satu best sounding power tube. Tabung ini juga memiliki gelas berbentuk globe, sedangkan varian yang diproduksi lebih akhir menggunakan bentuk gelas shoulder type. Dalam konfigurasi single-ended tabung ini hanya menyalurkan daya 1-2 watt murni ke beban speaker. Merupakan direct heated triode dengan karakter suara yang “romantis” dan natural. Banyak audiophile menganggap sound-signature tabung ini sekelas dengan RE604, RS241, UX210, PX25, atau 2A3. Terdapat beberapa merk yang juga memproduksi tabung ini, baik yang produksi lama maupun produk baru yang dikeluarkan TJ (China) dan Emission Labs. Jika anda cukup beruntung, RCA/Cunningham UX245/CX345 bisa diperoleh dengan harga berkisar US $300 sepasang dalam kondisi baik.

Mullard ECC32

Mullard ECC32

Mullard ECC32 merupakan varian atau ekuivalen dari keluarga tabung 6SN7, yang biasa digunakan di posisi line stage atau sebagai driver pada power amplifier. Bisa dibilang, inilah the ultimate/premium 6SN7 yang pernah dibuat di dunia.Sayangnya sudah nyaris punah, dan kalaupun masih ada harganya melambung ke angka sekitar US $400 sepasang. Dibanding 6SN7 pada umumnya yang menggunakan gelas berbentuk lurus, ECC32 ini menggunakan gelas berbentuk shoulder type. Dibandingkan 6SN7 “normal” maka ECC32 ini cenderung bersuara lebih open dan dinamis, teapi juga dengan efek staging yang besar sebagaimana karakter 6SN7 pada umumnya. Di antara keluarga 6SN7, kualitas suaranya mungkin hanya bisa ditandingi oleh Tung-Sol 6SN7GT round-plate black glass yang belakangan ini harganya bisa mencapai US $500 sepasang, atau RCA 5692 red-base yang juga merupakan tabung kuno yang diburu kolektor/audiophile. Jika RCA 5692 red-base dikenal dengan karakter suara yang sangat transparan, maka Tung-Sol 6SN7GT round-plate black glass dikejar para audiophile karena kualitas mid/vokal yang luar biasa bagus dengan karakter suara yang berbobot dan solid. 

Amperex JAN 845 dan GE VT4C  

GE VT4C

Tabung 845 dan tabung 211 (VT4C) sama-sama populer di kalangan penggemar amplifier tabung. Audionote / Kondo Gaku-On dan On-Gaku yang terkenal itu menggunakan tabung 211. Sedangkan Cary CAD-805C yang menggunakan tabung 845 juga terkenal bersuara bagus dan merupakan flagship-product bagi Cary Audio Design. Jika tabung 211 memiliki karakter suara yang gesit dan dinamis, sebaliknya 845 memiliki suara yang megah dengan vokal dan respon bass yang sangat bagus.Jika tabung sebuah 211 bisa menghasilkan daya keluaran 15 watt pada kelas A, maka sebuah 845 bisa menghasilkan daya keluaran 20 watt pada kelas A. Tabung 845 produksi lama diakui memiliki kualitas suara yang tak tertandingi oleh tabung 845 produksi masa kini. Tabung 845 buatan RCA atau Amperex saat ini bisa mencapai harga US $1600 sepasang, dalam keadaan NOS (New Old Stock). Dibandingkan 845 produksi masa kini, 845 versi NOS memiliki kualitas mid/vokal yang lebih baik dan bersuara lebih luwes. Demikian juga dengan tabung 211, jenis VT4C yang merupakan versi militer dari tabung 211 buatan General Electric juga memiliki kualitas suara yang lebih baik dibanding varian 211 modern yang diproduksi di Cina dan Eropa. Sepasang GE VT4C saat ini bisa mencapai harga US $500.

RCA/Cunningham UX226/CX326

Cunningham CX326

Sulit untuk melupakan keindahan suara sebuah preamp yang dihasilkan oleh tabung jenis direct heated triode yang satu ini. RCA UX226 atau Cunningham CX326 merupakan salah satu varian dari tabung 26 yang telah lama menjadi favorit para DIYers fanatik. Para audiophiles mancanegara menganggap 26 sebagai the best sound preamp tube ever. Langkanya tabung ini, dan sulitnya dalam mengaplikasikan tabung ini dalam sebuah perangkat membuatnya tidak populer bagi para produsen amplifier tabung komersial. Diproduksi pertama kali di era 1920-an, tabung ini tak lagi diproduksi saat ini. Jika anda cukup beruntung, tabung ini bisa diperoleh seharga US $120 sepasang kondisi NOS. Tidak terlalu mahal dibanding tabung eksotik lainnya.

Western Electric VT52

Western Electric VT52

Inilah direct heated triode yang sering disebut juga sebagai “military special 45”. Merupakan versi yang lebih powerful dari tabung 45, tetapi bukan ekuivalen langsung dari tabung 45. Tabung VT52 ini mampu menyalurkan daya 4 watt ke speaker dalam mode single-ended. Dengan reproduksi frekwensi mid dan vokal tabung yang sangat open, dan kualitas bass yang lebih baik ketimbang tabung 45, membuat tabung ini selalu menjadi incaran para kolektor tabung kuno. Harganya saat ini bisa mencapai US $500 sepasang dalam kondisi NOS. Selain Western Electric, merk lain yang sering dijumpai di pasar adalah Hytron, TungSol, Raytheon,  dan Sylvania. Sayangnya tak satupun pabrik tabung masa kini yang memproduksi tabung ini. Tapi karena faktor itu pulalah harga tabung ini menjadi semakin melejit.

Western Electric 437A

Western Electric 437A

Ini dia salah satu tabung driver favorit Sakuma Jepang. Indirect heated triode yang satu ini merupakan tabung yang memiliki faktor penguatan (Mu) yang relatif tinggi tetapi dengan tingkat distorsi dan noise level yang rendah. Merupakan pilihan ideal untuk posisi penguat phono atau sebagai analog stage di cd player. Dengan impedansi output rendah dan kapasitas arus yang tinggi, 437A ini juga kandidat serius untuk posisi driver pada amplifier. Sayangnya, saat ini sudah sangat sulit ditemukan di pasar. Harganya bisa mencapai US $700 sepasang dalam kondisi NOS. Yang masih mudah dijumpai adalah “saudara kecilnya” yaitu WE 417A yang memiliki fisik lebih kecil, dan harganya sekitar US $300 sepasang. Persamaan tabung ini yang masih tetap diproduksi saat ini adalah 6C45 buatan Rusia, namun dengan bentuk fisik berbeda dan menggunakan soket jenis noval (9 kaki).

Telefunken AZ1

Telefunken AZ1

Ini merupakan masterpiece yang lain dari Telefunken. Merupakan tabung rectifier dengan kapasitas arus rendah, biasa dipergunakan untuk aplikasi preamp. Tabung ini memang kalah populer dibanding “saudara tuanya” RGN 2504 atau RGN 2004, tetapi toh juga memiliki sound signature yang kualitasnya di atas rata-rata rectifier yang pernah dibuat di dunia ini. Jenis mesh plate memiliki kualitas suara terbaik, cenderung memiliki karakter vokal yang “warm” dan “sweet”. Harganya di pasar saat ini mencapai sekitar US $150 sepasang. Merk lain yang bisa dijumpai adalah Valvo dan Philips Miniwatt. Ekuivalen tabung ini adalah RGN1064 dengan jenis soket berbeda.

Tentu saja masih banyak lagi tabung-tabung kuno dan eksotik yang belum sempat dibahas di sini. Informasi mengenai hal ini banyak tersebar di internet, baik melalui artikel dan jurnal elektronik, atau dibahas di berbagai forum dan milis

Sumber :

 

 

Kamus

kamusKamus Audio Video Informasi tentang kamus, istilah seputar dunia audio video . Lanjut..