audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home Reviews Onkyo TX-NR3008 – A/V Reciever

E-mail Print PDF

Onkyo TX-NR3008 - A/V Receiver BlackReceiver  berharga kisaran Rp. 22,5 Juta ini bentuknya terkesan besar, akan tetapi dibalik itu semuanya ternyata Onkyo tidak tanggung-tanggung memaksimalkan fungsi-fungsi.  Ternyata dengan membandingkan antara bentuk dan fungsi sebenarnya tidak menjadi lebih besar adanya.

Telusuri saja fungsi-fungsi tersebut seperti terdapat delapan buah input HDMI (7  input pada bagian belakan dan 1 input pada bagian depan).  Input HDMI pada receiver ini mempergunakan versi 1.4a, sehingga memungkinkan untuk 3D dan Audio Return Channel. Selain itu terdapat pula sepasang output HDMI yang memadai untuk berbagai bentuk konektivitas audio dan video.   Sertifikat THX Ultra 2 Plus telah disematkan pada receiver ini yang mempunyai kemampuan streaming file audio dari MP3 melalui Flac dan juga ke LPCM, begitu juga kemampuan jaringan tidak perlu diragukan lagi sehingga mampu melakukan konektivitas radio internet seperti Last FM dan Napster yang sudah ditempatkan pada menunya.

 Kemampuan dan Detail

Melihat kelengkapan dan fungsi yang terkandung didalamnya cukup mengesankan, apalagi saat dilakukan uji coba soundtrack DTS-HD Master Audio Unstoppable. NR3008 ini dapat mereproduksi soundstage begitu luas dengan tekstur yang rapi. Efek suara dapat ditampilkan dengan jelas dan teratur.  Untuk frekuensi rendah terdengar sangat solid dan dinamik sanggup mengetuk dada pendengarnya, secara keseluruhan bertenaga namun berkesan halus dan lembut.  Dialog terdengar detail dan jelas, begitu pula dengan frekuensi tinggi yang terdengar cukup menyerang dan jelas memberikan kesan dramatikal bagi pendengarnya.

 Musik

Saat dicoba dengan memutarkan lagu Black Magic Woman yang diawali dengan vokal dari Patricia Barber terdengar dengan detail yang bagus dan tonal balance yang seimbang, lagu ini kaya akan suara alat musik terlebih pada bagian tengahnya.  Kehadiran suara alat musik begitu menendang dengan pesona gebukan yang menghentak secara solid, sedangkan tonal dan tekstur dapat ditampilkan secara detail dengan soundstage yang megah.

Saran

Dalam menempatkan Amplifier ini perlu dipertimbangkan untuk menempatkan  pada tempat yang mempunyai ruang ventilasi yang cukup, dikarenakan NR3008 pada seluruh bagian atas diberikan lubang ventilasi guna menyalurkan udara panas.  Dan hindari mengikuti setup otomatis, guna menginginkan kualitas suara yang anda inginkan, luangkan waktu dengan mencoba dan mengukur tingkat peningkatan suara

Kesimpulan

Onkyo TX-NR3008 – A/V Reciever pantas direkomendasikan karena dapat memanjakan telinga anda bahkan dapat memberikan penekanan untuk tidak beralih ke perangkat A/V Receiver sejenis dari merek lainnya.

Rating :