audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home Reviews Speaker Quadral Platinum M4

Speaker Quadral Platinum M4

E-mail Print PDF

quadral m4Umumnya speaker buatan Jerman terkesan dengan tampilan mewah dan kaku, yang dibuat dengan sangat presisi dan built-quality yang tinggi. Demikian pula dengan fisik speaker Quadral Platinum M4 yang nampak mahal dengan kemasan kotak speaker berwarna hitam glossy.

Speaker Platinum M4 ini merupakan salah satu tipe dari seri Platinum M buatan Quadral yang merupakan bagian premium yang mencerminkan konsep compresion chamber. Dengan konsep ini M4 menghasilkan kualitas suara yang deeper, rich, textured bass response, sehingga dapat menghasilkan suara bass yang luar biasa dibandingkan dengan speaker yang sejenis atau sebanding atau lebih besar dengan speaker M4. Secara kesuluruhan speaker ini merupakan speaker 3-way dengan menggunakan 4 buah driver buatan Quadral.  Terdiri dari 1 driver tweeter, yang mempergunakan  RiCom M ring transducer technology sehingga memungkinkan M4 dapat menjangkau bidang dinamika frekuensi 50kHz.  Selain itu terdapat pula 1 mid-bass, dan 2 bass driver dengan membrane alumunium yang ringan tetapi rigid.  Dengan komposisi driver seperti ini M4 mempunyai sensitivitas 90dB pada 8 ohm tentu tak sulit mencari pasangan amplifier untuk bisa menggerakkan speaker ini secara optimal.

Mungkin ada baik untuk mengetahui kemampuan speaker ini dengan mencoba secara langsung, saat itu kami mencoba dengan kombinasi sistem berupa CD player Cambridge  Azur 650C CD player, pre-amplifier 10 Y dan amplifier 45 yang berbasis konfigurasi single-ended. Secara teoretis, sebuah amplifier single-ended berdaya keluaran dibawah 5 watt per channel mestinya tak sulit untuk men-drive sebuah speaker dengan sensitivitas 90dB.  Untuk perkabelan kami menggunakan kabel speaker buatan WE dan interkonek Vermouth Blackpearl Analog Interconnect.  Sedangkan untuk kabel powercord kami mempergunakan tipe standart saja.

Diawali dengan mencoba beberapa software telah kami siapkan, berupa album Best Audiophile Voices VI, Blues Volume 5, dan Best Classical Hits. Dengan demikian beberapa genre musik yang biasa digunakan para audiophiles dapat terwakili. Kesan pertama  yang kami tangkap adalah… inilah speaker yang bakal dengan mudah memikat hati para bass-lover. Ya, volume bass-nya termasuk ekstrim, sulit dibayangkan bisa keluar dari kabinet speaker sebesar Platinum M4. Kami sampai membayangkan hadirnya sebuah sub-woofer di ruang dengar! Padahal jelaslah sama sekali tak ada sub-woofer. Untuk lagu-lagu klasik, efek dramatis dari nada-nada infrabass benar-benar tersalur baik melalui Platinum M4. Bagaimana dengan nada-nada tinggi? Kami merasa nada-nada tinggi yang dihasilkan Platinum M4 ini lebih terkesan metalik, namun memang extended dan terasa speaker ini dapat melampaui “ambang batas” 20kHz dengan mudah. Sementara nada-nada mid tersimak detil dan cukup akurat, khas speaker buatan Jerman.

Secara umum dapat kami katakan bahwa karakter live performance dihasilkan oleh Quadral Platinum M4 ini sangat bagus dan terkesan live untuk mendengar musik-musik klasik, konser, atau big-band. Namun untuk jenis musik-musik audiophile yang dominan vokal, kami merasa kualitas speaker ini biasa-biasa saja, terasa datar dan kurang emosi. Penasaran oleh karakter metalik yang dihasilkan Platinum M4, kami mencoba memasangkan speaker ini dengan home theater system, berupa Bluray player Sharp BD-HP20 dan AV-receiver kuno Nakamichi AV-10. Kami coba memutar film Iron Man 2, dan mendapati Platinum M4 ini tampil begitu bagus dalam sebuah sistem home-theater.

Spesifikasi:

Type: 3-way floorstand

Design principle: compresion chamber/bass reflex

Nominal/music power: 140/200 W

Frequency response: 28Hz - 50kHz

Crossover frequency (Hz): 280/3000 Hz

Efficiency (dB/1W/1m): 90 dB

Impedance (Ohm): 8 ohm

Tweeter: RiCom-M

Midrange: 135 mm Ř Alu

Woofer: 2 x 170 mm Ř Alu

Cabinet size: 1001H x 210W x 317,5D mm

Weight: 22,4 kg


Rating :

quadral m4quadral m4quadral m4

Perangkat Pendukung

quadral m4

quadral m4quadral m4

 

Kamus

kamusKamus Audio Video Informasi tentang kamus, istilah seputar dunia audio video . Lanjut..