audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home News BlackBerry OS 7 vs BlackBerry OS 6

BlackBerry OS 7 vs BlackBerry OS 6

E-mail Print PDF

BlackBerry Dakota 9900BlackBerry OS 7 sudah menjajah pasar tanah air. Namun, masih banyak yang belum mengenal dan penasaran dengan OS terbaru ini. Sebelum membeli Blackberry ber-OS 7 tentu banyak yang ingin tahu apa saja perbedaan OS Blackberry 7 dengan Blackberry 6.

Ini dia beberapa kelebihannya dari OS Blackberry 6.

User Interface

BlackBerry 7 OS masih menyuguhkan pergerakan animasi ikon menu yang terlihat atraktif. Cara akses menunya juga masih khas. Pada tampilan awal, hanya beberapa ikon menu saja yang ditampilkan pada bagian bawah layar. Sisanya sengaja  disembunyikan. Untuk menampilkan keseluruhan ikon menu utama, cukup usap bagian ikon menu utama yang ada di bawah layar ke arah atas. Masih sama dengan BlackBerry 6 OS, ikon menu utama juga dikelompokkan berdasarkan kategori : All, Favorite, Media, Downloads dan Frequent. Untuk berpindah antar katergori tersebut, cukup usap layar ke kanan atau kiri.  Di bagian atas layar, seperti biasa, tempat berkumpulnya keterangan tanggal, jam, operator yang digunakan, indikator : jaringan, koneksi (WiFi, Bluetooth) dan baterai. Serta tempat ditampilkannya ikon notifikasi dari berbagai fitur. Misalnya pesan masuk di BlackBerry Messenger, email, Facebook, dan lainnya. Untuk melakukan penyetingan berbagai keterangan tersebut (jam, tanggal, jaringan, dll) cukuo sentuh bagian atas layar. Maka muncul penyetingan : koneksi (jaringan selular, WiFi, Bluetooth), Alarm Clock, dan lainnya.  Di balik tampilan user interface-nya yang identik dengan versi sebelumnya, tapi ternyata ada berbagai fitur baru dan peningkatan yang coba disajikan di BlackBerry 7 OS. Tidak hanya untuk meningkatakan performa ponsel BlackBerry yang mengusung OS ini, tapi juga memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Berikut ini beberapa fitur baru yang bisa dirasakan di BlackBerry 7 OS :

Liquid Graphic Technology

RIM menjanjikan tampilan yang lebih tajam di ponsel BlackBerry yang mengadopsi Blackberry 7 OS. Ini berkat teknologi layar ‘Liquid Graphic’ yang diusungnya. Tapi sebenarnya kekuatan sebenarnya dari teknologi ini tidak hanya pada ketajaman tampilan layar, tapi pada peningkatan performa kinerja layar.  RIM mengklaim berkat teknologi ‘Liquid Graphic’ maka rendering tampilan layar bisa berjalan dengan cepat dan halus. Tidak hanya itu, teknologi ini juga menjanjikan respon sentuhan yang layar yang lebih sensitif saat sedang menjelajah berbagai fitur yang ada. Melihat foto, menonton video berkualitas HD, browsing internet  dan aktifitas lainnya terasa lebih cepat dan halus. Liquid Graphic mampu memberikan kinerja layar dengan kecepatan 60 frame per second (fps). Dan untuk ketajaman layarnya, mampu menyuguhkan ketajaman layar hingga 287 dots per inch (dpi).  Dan memang, saat Selular mencoba secara langsung menjelajah berbagai fitur di 4 tipe smartphone BlackBerry terbaru (Bold Touch 9900/9930, BlackBerry Torch 9850/9860, BlackBerry Torch 9810 dan BlackBerry Curve 9350/9360/9370) hal itu terbukti. Tampilan layar terlihat tajam. Misalnya saat melihat foto hasil jepretan kamera, terlihat hampir mendekati aslinya. Begitu saat menonton browsing dan menonton video berkualitas High Definition bisa dinikmati dengan halus.

Prosesor 1,2 GHz

Cepatnya berbagai fitur yang dijalankan ponsel BlackBerry dengan OS terbaru ini, tentu tidak lepas dengan dari kerja keras prosesor di dapur pacu. Ini karena BlackBerry 7 OS sudah mampu mendukung prosesor berkecepatan 1,2 GHz. Seperti yang terpendam di 4 smartphone BlackBerry terbaru. Kecepatan prosesor ini merupakan paling tinggi dari sejarah kehadiran ponsel BlackBerry.

Browser Cepat

Peningkatan lain yang dibawa BlackBerry 7 OS yaitu kinerja BlackBerry Browser yang katanya sudah ditingkatkan. RIM mengklaim BlackBerry Browser di sistem operasi BlackBerry 7 OS mampu menampilkan halaman situs internet lebih cepat 40 % dibandingkan BlackBerry Browser yang ada di BlackBerry 6 OS. Namun hal itu juga tidak bisa lepas dari kondisi jaringan internet yang digunakan saat browsing.

Selain proses rendering membuka situs yang lebih cepat. Browser ini juga tetap menyajikan proses ‘zooming & panning’ halaman situs dengan halus. Zooming halaman situs bisa dengan cara pich (mencubit layar sentuh) atau double tap (ketuk layar 2 kali). Ketika tampilan situs membesar, tinggal usap layar ke arah manapun untuk melihat tampilan situs lain yang tersembunyi. Browser juga sudah mendukung HTML5 dan JIT (just in time) JavaScript compiler yang baru , sehingga mampu menampilkan file animasi atau video yang dikandung halaman situs dengan lebih cepat. Browser di sini juga masih sanggup untuk membuka beberapa halaman situs sekaliigus.

Near Field Communication

Teknologi baru yang satu ini seperti tengah menjadi tren. Beberapa ponsel generasi terbaru saat ini mulai menyertakan teknologi ini. Tidak ketinggalan beberapa tipe smartphone BlackBerry terbaru. Near Field Communication atau yang disingkat NFC ini memungkinkan untuk mengenali dan terkoneksi dengan perangkat lain hanya dengan cara saling bersentuhan antar perangkat. Misalnya ingin mendengarkan lagu yang diputar di smartphone BlackBerry pada perangakat speaker yang suddah berteknologi NFC, maka cukup disentuhkan saja.  Memang teknologi terasa memberikan kemudahan dibandingkan teknologi Bluetooth yang membutuhkan proses pairing agar perangakat bisa saling terkoneksi. NFC berbasis teknologi ”Radio Frequency Identification” (RFID) yang menggunakan induksi medan magnet untuk berkomunikasi antar perangkat dalam jarak yang dekat.

Video HD

Di 3 smartphone terbaru BlackBerry masih mengusung kamera berdaya 5 megapiksel. Ini berarti kekuatan kamera yang sanggup dihadirkan oleh RIM belum juga beranjak. Seperti diketahui, kamera yang dibekali oleh RIM paling tinggi berdaya 5 megapiksel, seperti yang ada di BlackBerry Torch 9800. Dan ketika smartphone BlackBerry terbaru muncul juga masih membawa kamera 5 megapiksel.  Tapi ternyata kemampuan kamera 5 megapiksel di smartphone BlackBerry terbaru sudah ditingkatkan kemampuannya. Karena kamera ini sekarang sanggup untuk merekam video hingga resolusi High Definition (1280 x 720 pixels). Sedangkan di BlackBerry Torch 9800 kemampuan merekam videonya baru sebatas VGA (640 x 480 pixels). Dengan resolusi HD, hasil video terlihat tajam, halus dan tanpa ada gambar pecah.

Augmented Reality

Teknologi ini sudah lama ada namun terbilang masih sedikit diaplikasikan. BlackBerry 7 OS mencoba untuk mendukung teknologi ini. Augmented Reality teknologi grafis yang menggabungkan tampilan grafis 3 dimensi dengan tampilan asli (real life). Contoh penggunaan teknologi ini yaitu dengan mengarahkan kamera ke lokasi tertentu, maka di tampilan viewfider kamera bisa tampil gambar yang menampilkan di mana saja pengguna lain yang menggunakan BlackBerry Messenger di sekitar Anda. Masih banyak contoh penggunaan Augmented Reality lainnya. Misalnya dengan mengarahkan viewfinder kamera ke lokasi tertentu, maka akan ditampilkan di tampilan viewfinder tersebut info dari gedung atau bangunan yang terlihat.

Voice Search

Fitur ini sekilas terasa biasa saja. Tapi bagi RIM inilah fitur baru yang coba diselipkan ke dalam BlackBerry 7 OS. Sebelumnya, yaitu pada BlackBerry 6 OS, hanya disediakan fitur Search yang penggunaannya dengan cara mengetikkan kata kunci pencarian. Namun di BlackBerry 7 OS kemampuannya ditingkatkan. Pencarian isi smartphone BlackBerry dan pencarian di internet (web search), juga bisa dilakukan cukup dengan mengucapkan kata kunci pencarian, tanpa mengetik.

Fitur Lainnya

Smartphone yang mengusung BlackBerry 7 OS, juga akan dibekali dengan beberapa aplikasi terbaru. Seperti BlackBerry Protect yang bisa membantu untuk melacak dan mengamankan jika smartphone BlackBerry hilang atau tercuri. Selain itu juga akan dimasukkan aplikasi BlackBerry Balance, aplikasi ini bisa memisahkan antara kegiatan perkantoran dengan di luar itu yang dilakukan di smartphone BlackBerry. Tidak ketinggalan juga disertakan fitur andala n seperti BlackBerry Messenger, Documents To Go (full version), Social Feeds, Slacker Radio dan lainnya.

BlackBerry Monza 9860