audiovideo.co.id

YOU ARE HERE: Home Reviews Shure SRH940 Professional Reference Headphones

Shure SRH940 Professional Reference Headphones

E-mail Print PDF

Paling tidak ada tiga kata yang menarik dalam produk ini; professional, accurate, dan high-end, yang nampaknya sangat menjanjikan bagi pengguna headphones ini.

  “Designed for professional audio engineers and in-studio talent, SRH940 deliver accurate response across the entire audio spectrum for smooth high-end extension with tight bass”, itulah pernyataan Shure di website mereka tentang top-end headphones mereka yang baru;Shure SRH940.

Begitu mengeluarkan SRH-940 dari kardusnya, akan terlihat carry case (tas pelindung) yang disertakan dalam paket pembelian headphones ini.  Tak perlu repot-repot membeli carry case secara terpisah, kesan professional langsung tampak. Siap untuk dibawa bawa dalam situasi apapun dan carry case ini merupakan bonus yang sangat menarik.  Bila kita perhatikan fisik dari SRH-940 nampak meyakinkan. Earcups SRH-940 terasa benar-benar pas ditelinga dan nyaman digunakan.  Saat digunakan nyaris tak merasakan adanya headband di atas kepala.  Headphones ini sangat ringan dan jika pemasangannya  pas kita hanya akan merasakan adanya earcups menempel di telinga kita.  Pada sebagian besar headphones lain kami masih dapat merasakan adanya headband di atas kepala.  Seluruh bodi headphones tampaknya terbuat dari plastik kecuali pada velour earpads. Kabar baik lainnya adalah penggunaan detachable  cord pada SRH-940, sehingga dapat  memberikan fleksibilitas penuh penggunanya untuk dapat menggunakan kabel lain yang mungkin berkualitas lebih baik atau sesuai dengan selera pemiliknya. Shure tampaknya ingin mendapatkan biaya produksi terendah dengan memproduksi SRH-940 ini di Cina, tetapi dengan kualitas yang tetap optimal. Kualitas fisik headphones ini tampak sangat meyakinkan. Saat mencobanya, kami mendapati bahwa isolasi terhadap suara eksternal sangat baik, bahkan saat tidak memainkan musik. Saat memainkan musik, kami bahkan tidak bisa mendengar dering telepon dari jarak 3 meter.

UjiDengar

Dicoba dengan memasangkannya pada headphones amplifier Musical Fidelity, pada semua spektrum frekuensi audio.  Clarity pada nada-nada harmonik atas dapat memberikan efek spaciousness yang cukup baik.  Nada bass, kami mencoba dengan trek lagu yang memiliki bass berat, sedang, dan ringan.  Kami rasakan reproduksi bass terdengar dengan sangat akurat dan tight.  Sedangkan reproduksi pada midrange juga sangat  halus, memiliki mid yang terdengar open dan airy, semua instrumen musik terdengar netral.  Secara lebih spesifik, kami merasakan karakter SRH-940 sedikit analytical, dan bagi sebagian besar pengguna mungkin dianggap sedikit bright.  Bagi kami, SRH-940 bersuara halus dan menunjukkan kelasnya sebagai high-end headphones, yang mungkin terdengar flat bagi mereka yang mengharapkan punch atau kesan loudness.  Tidak, ini bukan headphones dengan karakter seperti itu.  Beberapa trek musik memang terasa terlalu bright atau menampilkan sibilance agak berlebihan, kami mencoba dengan mengganti track dari album lagu lainnya.  Apa yang terjadi, kami dapati kualitas yang berbeda dan jauh dari kesan bright.  Jadi ini nampaknya berasal dari kualitas rekaman itu sendiri, sekaligus hal ini menunjukkan akurasi reproduksi yang sangat  baik dari SRH-940.  Kami juga mencoba memasangkan SRH-940 langsung kesebuah iPod dan smartphone Samsung Galaxy S2 untuk menguji apakah headphones ini easy to drive, dan kami mendapatkan tingkat volume yang wajar dengan perangkat portabel seperti ini.  Setelah cukup lama mencoba menggunakan SRH-940 kurang lebih satu minggu, kami merasakan sedikit improvement dalam kualitas suara secara keseluruhan.

Kesimpulan:   Shure SRH-940 merupakan Headphones Highly recommended dengan menawarkan performance to price ratio yang baik


Rating

Reviewer : Arif Wicaksono (CEO Tubelover)